Friday, October 25, 2013

What's New Right Now

Kejadian yang lagi gue alami pada saat ini, gue mau share langsung

Selasa, 15 April 2014 (03:00)

Wisata Malam Jeruk Purut

Menjelang hari pernikahan abang gue, gue lagi standby di Jakarta, banyak saudara-saudara dari kampung nanti pada dateng dan mengurusi keperluan nikahan abang gue yang maha dahsyat di keluarga gue, karena ini merupakan pernikahan pertama dari anak-anak nya, nyokap gue mau acara ini perfect banget, gue mau acara ini diisi bintang tamu si ratu ngebor Inul Daratista.

Hari ini gue rencananya mau ke dokter gigi di daerah Kebayoran, pas sesampainya di rumah tuh dokter, pintu gerbang tertutup, gue ketok-ketok beberapa kali tetep nga ada jawaban, sampai gue mendengar bisikan gaib ‘Dokternya wla.. wla.. wla..’, anjir ini suara nga jelas banget, mau gue bales muke lu wla.. wla.. wla.., gue ketok-ketok lagi mirip salesman kejer setoran akhirnya gue mendapati suara gaib itu menjadi jelas ‘Dokternya wla.. nga praktek wla..’, ternyata suara itu berasal jauh dari sebelah kanan gue, tepatnya beberapa ratus meter tapi masih rumah dokternya juga, perawakan agak gemuk, cebol, kumisan, dan suaranya mirip terompet tahun baru, yang ternyata adalah pembantu rumahnya si dokter, gue hampiri doi, rencananya tahun baru nanti gue mau ajak doi ke monas.

‘Dokternya prakterk nga pak?’
‘Dokternya nga praktek wla..’, muke lu wla.. gue emosi
‘Kenapa nga praktek?’
‘Sakit wla.. demam berdarah wla..’
‘Oke.. Oke..’ gue akhiri dengan segera wla, sebelum gue semakin emosi wla, maklum gue lagi menggenggam bolpen yang ujungnya ada kepala doraemon buntung wla, yang mungkin bisa menyerang siapa saja wla.

Kejadian dengan si Mr.Wla Wla ini membuat gue kehabisan ide, sekarang gue bingung dan bimbang arah tujuan gue, seketika gue bbm si Indra buat ketemuan sama gue di kedai kopi punya temen gue, Coffee Breath tepatnya di daerah Kemang, si Indra menyetujui rencana untuk ketemuan kita, doi masih di kampus dan kejebak hujan, mungkin baru sampai agak maleman, gue yang udah nga jelas arah dan tujuan hidup langsung menuju ke tkp Cofee Breath.

Macetnya ibukota membuat perjalanan gue yang harusnya sampai dalam waktu sekitar 15menit berubah menjadi 1jam, sesampainya di Coffee Breath, gue langsung menemui sosok gaib temen gue, yang juga merupakan mantan basist dari band gue dulu yang nga sempet naik daun tapi sempet naik delman, namanya Ayub, tattooan di tangan sebelah kiri, kaca mata, dan rambut rockabilly, agak nga singkron mukanya dengan senyuman khas yang sedikit norak dan membuat sakit perut orang yang melihatnya, dan yang paling gue inget dari temen gue yang satu ini adalah ketika doi cerita ke gue kalau doi pernah diketawain kuntilanak pas lagi mojok sama pacarnya di vila tempat dia lagi ngadain camping sama temen-temennya, si kunti cemburu keliatannya.

‘Woi ped, gile lu apa kabar?’ kata si Ayub bersemangat banget, gue dengan kasih tampang homo tanpa tujuan hidup cuma bisa bilang ke doi ‘Gue baik cuuyy..’, kita duduk di sofa depan kasir, ada beberapa orang disana yang sedang online dengan laptopnya dan ngopi-ngopi santai, gue cerita ke doi maksud gue nongkrong disini selain gue emang mau kopi gratis, kita juga mau kumpul bareng Indra, ya minimal obrolan cowok pasti seputar cewek-cewek atau cabe-cabean, dan yang lebih gila adalah ide gue pengen wisata malam Jeruk Purut yang sebelumnya temen gue pernah cerita ke gue waktu doi liburan di Jakarta, gue sendiri dari kecil udah tinggal di Jakarta belum pernah tau kalau di daerah pemakaman kakek gue itu ada wisata malamnya.

Si Ayub dengan terpaksa mengikuti ajakan gue dengan tampang setengah nga percaya kalau ternyata di TPU Jeruk purut ada wisata malamnya, doipun mulai excited banget bertanya-tanya ke gue tentang hal-hal yang nga penting, karena guepun juga kurang paham permasalahan di lapangan jadi lebih baik kita langsung rasakan sendiri sensasinya nanti, yang ternyata gue juga baru sadar kalau TPU Jeruk Purut deket banget sama Coffee Breath di jalan Benda, mungkin jalan kaki nga sampe 5menit, maklum gue jarang banget hangout ke kuburan.

Adzan maghribpun berkumandang, secara tidak diduga-duga Ayub mengajak gue untuk shalat berjama’ah, ini keadaan yang mustahil terjadi seperti perkawinan kepiting yang melahirkan ikan paus, yang hanya terjadi di film Spongebob, guepun dengan tampang tidak percaya mengiyakan ajakannya dengan sangat bahagia kalau kawan gue udah tobat, dan setelah selesai sholat, tiba-tiba si Indra bbm gue kalau doi baru sampai rumah dan baru bisa merapat sekitar satu jam lagi, gue menjelaskan rencana gue yang sebenarnya, kalau kita malam ini mau berwisata ke TPU Jeruk purut, secara tiba-tiba si Indra mengcancel janji temunya, doi beralasan kalau besok masuk kuliah pagi dan bla.. bla.. bla.. ble.. ble.. ble.., gue cuma bisa mengiyakan saja, jadi dengan ini peserta dunia jeruk baru gue sama Ayub.

Tidak habis pikir, gue langsung menghubungi temen-temen gue yang ada di Jakarta, dengan mengharapkan kontak yang seadanya, gue mencoba menyapa mereka satu persatu, beberapa di bales tapi ada juga yang tidak ke read, mungkin ini jenis manusia-manusia yang baru bangun di malam hari, ada juga yang tidak terkirim, manusia jenis ini termasuk manusia yang sedang dalam tahap penghematan, dan bermacam-macam jenisnya, akhirnya gue mendapatkan satu korban temen gue yang mau gue ajak berkonspirasi, yaitu mantan road manager band gue dulu yang masih nga sempet naik daun, dengan pending BBMnya yang selama 15menit sekali baru kekirim, gue tetep menunggu peserta uji nyali kita, sampe akhirnya doi mengiyakan untuk ketemuan sama gue dulu di Coffee Breath, jadi sekarang kita bertiga, three idiots.

Tatang akhirnya tiba di tempat tepat pada waktunya, jam menunjukan pukul 10 malam, kita bersiap-siap untuk melakukan ritual gaib ini, gue sempet diare beberapa saat karena masuk angin atau udah di ganggu jin lebih awal, ‘Oke kita cuma bertiga nih? Kata gue setengah heran, Ayub setengah nga percaya setengah pipis di celana, doi langsung menanggapi ‘Eh ped, gue ajak anak buah gue juga ya?’, ‘Kampret lu, yaudah bawa aja cepet, dari tadi kek’ gue mulai sewot, jadi akhirnya kita sekarang berenam menuju tkp.

Sesampainya di tkp, keadaan mulai horror, tidak sesuai apa yang temen gue katakan, TPU ini sepi banget, cuma ada beberapa orang yang mungkin penjaga makam lagi duduk-duduk di dekat mushola, mobil gue udah berada di tengah-tengah kuburan dan guepun mulai bingung harus parkir dimana, ‘Yub.. lu paling ngerti kuburan kan, parkir dimana nih kita?’, ‘Anjrit.. gue juga bingung nih ped’ bales Ayub juga kebingungan dengan tampang ketakutan, akhirnya gue memutar balik kendaraan dan mencari tempat parkir sebelum masuk ke area TPU, disana telihat ada beberapa mas-mas penjaga pintu masuk kedua di sebelah pintu masuk utamanya, ‘Mas.. katanya disini ada wisata malam Jeruk Purut ya?’, ‘Oh iya.. coba kamu ke rumah kuncennya aja, namanya bapak Ook, rumahnya disana.., kamu parkir di dalem aja, di pinggir-pinggir makam’ si mas menjawab dengan santai kalau-kalau keadaan kesurupan sudah biasa terjadi di tempat seperti ini, gue mengiyakan dengan menelen ludah satu liter.

Karena sepinya area pemakaman, gue memastikan lagi ke penjaga di dalam untuk bertanya lagi keberadaan rumah pak Ook, mengantisipasi terjebak di kamar mayat, 'Permisi pak, saya mau tanya.. wisata malam Jeruk Purut ada ya disini? katanya ada kuncen yang namanya pak Ook?', 'Oh iya ada, ini dari mana ya?' doi berbalik tanya gelisah, melihat tampang gue yang lebih mirip gembong pencuri makam doraemon, 'Ini pak.. Anu pak.. Anumu kuburanmu pak.. saya dari Bintaro pak, dapet info dari kawan', 'Oh iya iya.. sini ikut saya' si bapak mengarahkan jalan ke rumah sang kuncen.

'Mobil saya diparkir dimana pak?'
'Itu menepi saja di sebelah kuburan' Jawab si bapak santai.
'Oh.. okok' Sekarang gue yang mulai gelisah, minimal pas gue balik sendirian ada temen tak diundang dari Jeruk purut, nga ada tempat parkir yang lebih layak apa pak!

Sesampainya di dekat rumah pak Ook yang masih berada di area pemakaman jeruk purut, kamipun disuruh menunggu beberapa saat di antara kuburan-kubruan tua yang berada disana, beberapa temen gue udah pada terlihat panik, gue lebih panik tapi pura-pura cool padahal dikit lagi pipis di celana, we are panic at the jeruk purut, beberapa dari mereka terlihat sudah mau balik duluan, dalam hati gue juga begitu, kita mencoba sedikit obrolan santai untuk memecah suasana diantara para pesera uji nyali, ternyata suasana malah semakin mencekam, kita sekarang berada di tengah-tengah kuburan tua, hening..

'Meaooooooowwwwwww'
ANJRIT APAAN TUUUHH!! CABUUT CUUY!! seketika kita terlihat seperti banci taman lawang yang berhamburan di kejer trantib, 'Jir.. itu cuma kucing kebelet nikah kali' gue mencoba menenangkan temen-temen gue yang udah mulai pada panik, tapi tuh suara lebih mirip kucing di sodomi pocong, sungguh menghayati banget, suasana kembali mencekam.

Beberapa saat kemudian pak Ook datang keluar, dengan perawakan kecil, tua, berjenggot, dan membawa tongkat, fix mirip tukang pijet. 'Asalamualaikum..' pak Ook menyapa kita dengan hati sumbringah, 'Waalaikumsalam' kita jawab dengan pasang muka pucat, 'Gimana kita mulai saja ya?' pak Ook terlihat bersemangat sekali, 'Iya pak' sambil nahan pipis tiga kilo.

'Sini ikutin jalan bapak' pak Ook masuk ke sela-sela jalan antar kuburan, menuju pohon kembar yang berada di tengah-tengah kuburan, kita mengikuti, seperti ABG yang kehilangan arah, kita disuruh duduk di beberapa kuburan yang berada di dekat pohon kembar, 'Nanti beberapa ada yang melihat kesana.. beberapa lagi melihat kesana dan sisanya melihat ke arah pohon kembar ya dan bla.. bla.. bla.. bla..' pak Ook menjelaskan hal-hal yang penting diingat tapi nga ada yang gue ingat pada akhirnya, gue duduk di atas kuburan, kalem.

Seketika itu juga kita ditinggal pak Ook, kita semakin kehilangan arah dan jati diri diantara kuburan-kuburan tua yang terlihat sudah tidak terurus, gue mencoba menghafal arah jalan keluar, antisipasi kalau ada temen gue yang kesurupan, minimal gue bisa kabur, seandainya kalau gue lempar tanah kuburan ternyata malah makin parah, gue bisa cabut ke jalan yang benar, gue lihat temen-temen gue masih belum ada tanda-tanda kesurupan, mereka masih pada serius melihat-lihat keadaan, mirip hansip jaga malem.

Beberapa menit telah berlalu dan gue belum mendapati tanda-tanda kehidupan lain, selain para homo yang sedang panik di sekitar gue, keadaan pohon kembar masih mencekam, belum terlihat adanya tanda-tanda penampakan, gue udah siap-siap mengayunkan tangan kearah kamera HP (pingin jadi artis nga kesampaian, malah jadi gila), dan berakhir gatel-gatel, akhirnya kita sepakat buat cabut dari area tantangan pertama yang katanya masih cetek atau belum banyak hantunya, lu kira kolam renang cuy!.

Kita balik menelusuri jalan yang sebelumnya, pak Ook dan beberapa orang yang baru datang untuk berwisata malam sudah mulai terlihat memadati jalan utama pemakaman yang hanya muat dua mobil, itu juga masih mepet atau mungkin nginjek makam-makam yang tak berdosa, pak Ook mengarahkan ke area yang kedua yaitu sumur tua, yang letaknya tidak terlalu jauh dengan area pohon kembar, katanya area yang satu ini cukup mistis, minimal jangan coba-coba buat loncat ke dalem sumur, atau lu bakal merasakan sendiri sensasinya.

Masih sama halnya dengan di area pohon kembar, kita suruh duduk di atas makam dan kalau berani kalian juga boleh tidur di atas makam, niat itu gue urungkan mengingat gue belum nikah dan masih punya cita-cita melihat pernikahan sesama jenis, masih melihat spot-spot di sekitar sumur tua tersebut, dan diakhiri dengan ditinggalnya para homo oleh pak Ook yang terlihat sibuk mengurusi pasien lainnya, para homo yang juga sedang menikmati indahnya kuburan di malam hari, sejauh ini gue belum melihat tanda-tanda penampakan yang berarti, beberapa dari temen gue udah melihat tapi masih samar-samar, jadi gue anggap itu belum melihat.

Beberapa menit berselang dan masih tetap sama seperti sebelumnya, penampakanpun tidak kunjung datang, mungkin para mahkluk halus belum pada mangkal jam segini, gue melihat jam menunjukan pukul 12 malam, nga jauh beda sama para banci, ternyata mahkluk halus pingin dandan dulu sebelum ngejob, atau mungkin mereka merasa tersaingi oleh muka gue yang mungkin lebih horor dari penampakan mereka, gue berencana membantu para mahkluk halus untuk menakut-nakuti peserta lain, tapi gue batalkan seketika melihat peserta lain yang lebih mirip homo tersesat di kuburan, dan gue nga mau berakhir disodomi.

Sudah 30 menit kita berada di area sumur tua dan masih tidak mendapatkan penampakan yang berarti, akhirnya dengan sedikit rasa putus asa kitapun beranjak meninggalkan area sumur tua dan menghampiri sang kuncen yang sedang sibuk berbincang-bincang dengan para kliennya, 'masih ada dua area lagi yang paling seram, pohon benda dan makam habib' sang kuncen menjelaskan dengan tampang serius, gue menanggapi biasa aja, sedikit ngompol.

Area yang selanjutnya adalah pohon benda, area ini merupakan area yang paling seram dari yang lainnya kata sang kuncen (yang lebih mirip tukang pijet ababil), kita diarahain menuju pohon yang besar banget, tepat berada berdekatan dengan tembok pembatas area pemakaman, aksses untuk menuju pohon bendapun sangat becek karena sebelumnya sempet hujan disini, kitapun menelusuri makam demi makam dengan sangat hati-hati.

Sesampainya di pohon benda, kita disuruh duduk seperti biasa, mencari spot-spot yang memungkinkan terjadinya penampakan, di area pohon benda ini memang lebih mencekam daripada pada area-area sebelumnya, terlihat banyak akar-akar pohon yang menjulur ke bawah, rumput-rumput yang sudah lama tidak terawat dan nyamuk-nyamuk yang menghisap darah kita tanpa ampun, sekarang gue lebih takut diserang gatel-gatel daripada diserang para hantu, gue duduk kalem melihat-lihat sekitar masih tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Setelah beberapa menit berselang, kaki kita mulai di gentayangi para semut yang mulai menyerang tanpa ampun, guepun mulai merasa gatal-gatal tapi tetap fokus berharap terjadi hal-hal mistis yang mungkin menampakan wujudnya, karena menurut gue, kita sudah lebih daripada homo-homo kesepian yang kurang kerjaan mangkal di area pemakaman, semutpun makin menyerang kita, sejauh ini masih tidak terjadi sesuatu yang aneh di area pohon benda ini yang kata sang kuncen paling seram, akhirnya kita bergegas balik menemui sang kuncen yang sedang berdiri di tempat semula, gue udah mulai pasrah.

Area yang terakhir merupakan makam habib, dan sampai terakhirpun gue dan kawan-kawan masih tidak mendapati apa yang menjadi tujuan awal kita datang kesini, dan berakhir dengan makan siomay di area pemakaman karena perut gue sudah membunyikan alarm gaibnya, perut sudah terisi penuh, kita berterima kasih dengan sang kuncen karena kita telah di jamu dengan baik dan dibodohi dengan indah, guepun balik mengantar kawan-kawan gue pulang ke daerah Kemang terlebih dahulu, dan sempet nongkrong beberapa saat di Coffee Breath, sembari nyuci sandal gue yang penuh dengan tanah kuburuan yang basah.

Setelah mengantar teman-teman gue balik, sekarang giliran gue yang balik sendiri ke daerah Bintaro, rasa deg-degan dengan penasaran masih menghantui gue sampai sekarang, teringat film horror ketika kita lihat kaca spion mobil, ternyata ada sesosok kuntilanak yang sedang duduk di kursi belakang, suasana kembali mencekam, gue buka kaca mobil depan, volume radio gue kerasin, dan terkadang gue tengok lagi ke kaca spion ternyata masih tidak terlihat apa-apa sampai leher gue nyaris kram tetap tidak terlihat apa-apa, gue dibodohi film.

Gue udah sampai rumah, gue mandi bersih-bersih badan gue yang sudah berlumuran keringet, dan gue menyeduh kopi hangat buat teman nulis gue, sampai sekarangpun tidak ada tanda-tanda terjadinya penampakan yang mungkin mengikuti gue dari Jeruk Purut, ternyata setan juga punya selera, mungkin kalau muka gue mirip Vino G Bastian, gue bakal digentayangi sampe rumah, derita muka mirip homo setengah doraemon, yang ada bukan digentayangi para hantu, sekarang gue malah digentayangi rasa gatel-gatel gigitan semut yang membabi buta dan binatang-binatang yang bersemayam di Jeruk Purut, berhasil gatel dengan sukses!


No comments:

Post a Comment