Tuesday, March 11, 2014

Cintaku Tertinggal di Malaysia

Kamu akan lebih mencintainya apabila bisa terus Bersamanya

SEBUAH PERJALANAN HIDUP

Nama gue Aryo, temen-temen biasa manggil gue dengan sebutan unik yaitu Pede bukan karena gue kepedean(menurut gue) tapi itu singkatan dari nama panjang gue yaitu Patria Dwisubaga Aryaguna alias PDA(fix ini nama jenis handphone) atau PD. Aryaguna(lebih manusiawi) so gue dipanggil PD / pede, seperti para penemu pada umumnya, nama gue pertama kali ditemukan pada zaman gue duduk di bangku sekolah dasar oleh kawan gue yang bernama Jaesa, makhluk hidup ini memiliki tingkat imaginasi yang lebih tinggi dari makhluk homo purba lain pada umumnya, dia mencoba menyingkat nama gue yang udah singkat menjadi lebih singkat dan berakhir menyedihkan, dengan terpaksa gue terima evolusi nama gue, walaupun ketika gw lagi kepedean, teman-teman gue selalu menyambung-nyambungkan nama gue dengan pribadi gue yang  jelas-jelas emang nyambung(loh..?).

Ada suatu ketika gue lagi nanya ke sahabat gue yang namanya Maya, 'May.. kata nyokap gue koq gue ganteng ya?' tanya gue dengan penuh rasa penasaran dan muka ngarep, karena Maya orangnya ceplas ceplos kaya kambing betina baru aja dikawinin sama kambing homo dia bilang 'WHAATT??!!… pedee elu lagi kerasukan jin mana lagi, jelas-jelas rambut lu kayak tau ming se (perasaan gue kenal nih artis) yang belum keramas tujuh hari tujuh malem dan diperkosa tukang bajaj depan rumah gue, emang lu aja kepedean kaya nama lu..' berakhir gue pingsan mendadak, dan gue baru sadar ternyata hubungan nama gue dengan prilaku gue yang mungkin secara tidak sengaja tersirat maupun tersurat.

Gue berasal dari keluarga sederhana dengan hanya ada dua TV di rumah, itupun satu TV pembantu dan satu TV keluarga gue, jadi kalau TV keluarga gue rusak terpaksa kita sekeluarga nonton bareng pembantu gue di belakang dan gue pernah ngebayangin kalau suatu hari nanti gue sekeluarga nonton acara tv yang pembantu gue suka tonton di belakang, yang terkadang gue aja males nyebut nama acaranya : Yuk Kita Smile(Terpaksaaa gue sebut aghh..), mungkin setiap minggu pagi gue sekeluarga bisa joget Caesar bareng pembantu gue sambil pasang muka boker, yang mungkin bisa merusak derajat tahta kerajaan gue di antara para kecoak terbang yang memiliki penyakit susah terbang di toilet rumah gue.

Dari silsilah keluarga, gue merupakan anak ke dua dari tiga bersaudara, dan gue anak yang paling murah senyum(selama senyum masih gratis) dari sodara-sodara gue, karena menurut gue itu kelebihan yang cuma gua punya dari sodara-sodara gue, selain gue suka ngabisin duit bokap nyokap dan rajin nongkrong bareng satpam komplek, salah satu hal yang selalu gue inget yaitu abang gue udah lulus kuliah S2 dari Brimingham Inggris, adikk gue udah kelar kuliah S1 dari Teknik Mesin ITB dan gue! masih menjadi Mahasiswa dengan tampang ababil sampai sekarang.

Bokap gue orang Jawa tapi doi katanya lahir di Ujung Padang yang nama kerennya Makasar, katanya sih dulu nenek sama kakek gue itu nomaden hidupnya, kayak kuliah gue yang selalu berpindah-pindah tempat dan nga jelas kapan lulusnya, serta kisah percintaan gue yang selalu berpindah-pindah dari hati orang ke hati beruang, hiks hiks hiks..(koq malah curcol ciyyn..), maklum lah dulu jaman peperangan jadi mereka mencari tempat yang aman gitu buat disinggahi dan gue sempet berharap kalau nenek sama kakek gue seharusnya nomaden gitu ke Australia biar muka gue minimal setengah bule nga setengah kriminal kayak sekarang, nga jauh beda sama nyokap gue yang orang sunda tapi doi lahir di Pekanbaru, dan gue nga tau kalau nyokap gue lahir disana karena nenek kakek gue nomaden juga atau nga, soalnya sejauh ini yang gue tau nenek kakek dari nyokap gue bukan pejuang tapi pembuat getuk(makanan khas bandung) yang waktu kecil gue suka gangguin nenek gue pas lagi ngadon singkong di dapur, maklum waktu kecil gue bandel banget(dan sampai sekarang) tapi gue selalu sayang nyokap sama nenek gue.

Minimal muka gue nga semeraut tempat lahir bokap nyokap gue, yang gue sendiri akhirnya berhenti bertanya tentang masalah itu, gue takut jawaban-jawaban yang diberikan bokap nyokap gue bakal merusak sistem kerja otak gue yang didesign bukan untuk berfikir hal-hal berat semacam itu yang akhirnya bakal merusak sistem kerja otak gue, dan gue nga bisa nge bayangin kalau nanti gue harus hidup pake paku di kepala gue kayak fankenstain karena kerusakan memori otak akibat berfikir terlalu keras, bisa-bisa gue ditolak ikut casting masih duina lain karena muka gue ternyata terlihat kurang manusiawi.

Kembali lagi ke topik awal bahwasanya muka gue emang keren dan kece abis plus idaman para bidadari di rumah gue yaitu para pembantu gue, yang mungkin mereka udah muak melihat muka gue setiap hari yang semi-kriminal dan suka berbuat semena-mena terhadap mereka seperti minta tolong buat mie goreng tanpa piring, es teh manis tapi nga dingin, dan melakukan tarian-tarian aneh di depan mereka, tapi mereka selalu melayani gue dengan sangat baik dan gue selalu menganggap pembantu gue adalah bagian dari keluarga kecil gue yang super primitif.

Gue lahir di Jakarta tepatnya di rumah sakit di daerah Tanah Abang yang udah lumayan lama dan sempet nge-hits dikalangan orang-orang tua pada jamannya dan sekarang udah turun pamor kalah sama gossip Farhat Abbas yang katanya pengacara kondang(an) dan memiliki IQ di bawah *teeeeeet*(sensor) yang mengakibatkan terjadinya ketidak singkronan antara kerja otak dengan kata-katanya yang mungkin akan merusak jaringan saraf telinga orang yang mendengarnya, kalau gue pikir ini makhluk terinfeksi syndrome kehilangan jati diri yang sangat akut dan harus segera ditolong dengan cara menggetokkan kepalanya ke beton terdekat.

Kata nyokap bokap gue, gue lahir dengan posisi usus membelit leher gue dan kepala gue keluar duluan, serta darah bercucuran dimana-mana(ini kayaknya lebih tepatnya cerita hari kematian gue, lebih horor daripada yang gue bayangin sebelumnya) dan hal itu menyulitkan dokter untuk ngeluarin gue dari perut nyokap gue yang emang minimalis gitu beda sama kepala gue yang lima banding satu sama otak gue, jadi dokter harus melakukan tindakan sesar terhadap nyokap gue, tapi nyokap gue nga mau (sungguh mengharukan bagian ini, hiks hiks..) pasalnya sesar itu bakal mengurangi kegantengan gue 5% eh nga deng.. sebenernya bukan itu masalahnya, nyokap gue takut ada apa-apa dengan kelahiran gue nanti (bagian ini terlalu dramatis buat orang yg suka nonton drama korea), well jadi nyokap gue akhirnya ngelahirin gue dengan keadaan normal (hiks hiks lagi..), itu garis besar yang gue tau di hari kelahiran(atau kematian) gue yang menurut gue lebih dramatis dari sinetron cinta fitri yang masih ngutang, dan sampe detik ini pun gue masih banyak menyusahkan bokap nyokap gue(sorry mom and dad) dan gue selalu berharap suatu saat nanti gue bisa membanggakan mereka karena prestasi gue terhadap Indonesia dan minimal bisa membubarkan komunitas banci taman lawang yang meresahkan masyarakat.

Oke gw jujur dan emang gue orang paling jujur versi majalah gue sendiri, ini hari pertama kali gue nulis lagi setelah sekian lama gue terlalu banyak nyanyi di kamar mandi dan gw merasa excited banget karena sebelumnya gue emang jarang nulis, dan kalau nulis itupun harus dipaksa dosen atau dicaci temen-temen gue yang bilang tulisan gw cantik mirip Tata Dado lupa pake beha, ini suatu penghinaan buat gue karena sebenernya gue itu macho(setelah diedit pake photoshop) dan rambut gue yang agak emo sedikit ke samping kanan mirip boyband(yang belum sempet manggung), disisi lain gw suka fitness bareng temen cewek gue yang keliatannya doi udah males lagi fitness bareng gue karena mungkin doi kesel, gue terlalu lemah buat ngeladenin fitnessnya doi yang ekstrim treadmill aja bisa sampe setengah jam sendiri, belum lagi alat-alat lainnya yang menurut gue fitness freak abis dan ngabisin waktu tidur gue yang 12jam sehari, sejak saat itu gw memutuskan untuk berhenti menulis, dan gue lebih memilih beralih profesi menjadi penari kupu-kupu bareng cowok-cowok komplek, cucok bok!.

Saat ini gue masih kuliah di suatu perguruan tinggi negeri di daerah Yogyakarta, jurusan musik, yang menurut orang-orang kampus gue terkenal banget dan minim cewek-cewek kece kayak di kampus gue sebelum-sebelumnya ataupun kampus-kampus lain pada umumnya, jadi kuliah gue ini gue lalui sama dengan halnya dengan penderitaan yang para Jendral rasakan pada saat G 30 S-PKI (mungkin lebih parah!), bisa dibayangin sehari-hari gue yang terkenal sebagai cowok terkece no.4(dari 4 laki-laki) di keluarga dan gue harus berbaur dengan para mas-mas dari daerah yang mungkin belum terkenal nama daerahnya dan mbak-mbak(kalau Maya bilang Mbaktheng), thats so rude!.

Yang lebih parah lagi kampus gue ini masih seperti jaman bung Tomo yang belum mengenal sistem komputerisasi, masih berjuang menggunakan tinta dan kertas sebagai alat untuk berperang melawan rektor yang tiap semesternya para mahasiswa dan mahadewi(loh..?) dipaksa untuk mengisi registrasi dengan cara yang tidak berpri-komputerisasian, mungkin hal inilah yang mengakibatkan profesi gue sebagai penari kupu-kupu cowok-cowok komplek tergeser dan harus kembali lagi menjadi seorang penulis buku homo anak-anak yang “celalu cetiya” dan selalu pake gambar bunga matahari di setiap tanda tangannya(ihh.. eke juga bisaa bok!).

- Cinta memang tidak pernah Memilih dan cinta tidak harus Dipilih -


No comments:

Post a Comment